Menganalisis pemasaran produk 1 - PENGERTIAN PEMASARAN

 Menganalisis pemasaran  produk

Pada dasarnya, orientasi utama seorang produsen dalam kegiatan produksi adalah memproduksi produk sebaik - baiknya dan memperoleh laba sebanyak - banyaknya. Sebuah produk yang di hasilkan melaui proses produksi tentunya bertujuan untuk komersial atau untuk di jual kepada konsumen agar dapat memperoleh laba atau keuntungan. Kegiatan menjual produk yang telah di hasilkan dari proses produksi tersebut dinamakan penjualan produk. Karna di sini, pengusaha akan terus melakukan kegiatan produksi selama kegiatan tersebut menghasilkan laba atau menguntungkan.

PENGERTIAN PEMASARAN

Pemasaran selalu menjadi ujung tombak institusi atau sebuah badan usaha baik yang berskala besar mauapun yang bersekala kecil untuk berhasil dalam kegiatan usahanya. Semakin cepat dalam proses pemasaran, maka usaha yang di lakuakan oleh badan usaha tersebut akan semakin lancar.

Secara umum pengertian pemasaran adalah aktifitas kompleks dalam usaha untuk menyampaikan informasi produk atau layanan jasa, penawaran dan negosiasi, penyaluran produk kepada konsumen, yang di lakukan oleh suatu institusi atau badan usaha secara sistematis dan terencana.

Definisi lain secara sederhana menyatakan bahwa definisi pemasaran sebagai suatu proses pengenalan produk atau layanan khusus kepada konsumen yang potensial (dominan terhadap produk yang kita hasilkan).

Dengan konsep yang demikian, maka aktifitas pemasaran dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien serta lebih menguntungkan. Terdapat beberapa aspek yang perlu di perhatikan. Aspek-aspek untuk pemasaran ini meliputi periklanan, public relation, promosi dan penjualan, dan lain sebagainya.

PENGERTIAN PEMASARAN MENURUT PARA AHLI

Pemasaran Menurut Philip Kotler
Kotler merupakan seorang American marketing author, consultant, and professor, mendefinisikan marketing atau pemasaran sebagai aktivitas sosial dan sebuah pengaturan yang dilakukan oleh perorangan ataupun sekelompok orang dengan tujuan untuk mendapatkan tujuan mereka dengan jalan membuat produk dan menukarkannya dengan besaran nominal tertentu ke pihak lain. - (Kotler)

Pemasaran Menurut Hair dan Mc. Daniel
Hair dan Mc. Daniel yang merupakan seorang peneliti pemasaran dalam bukunya yang berjudul "Marketing" mendefinisikan martketing atau pemasaran sebagai proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga promosi dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan konsumen dan tercapainya tujuan organisasi. - (Hair dan Mc. Daniel, 2001)

Pemasaran Menurut Basu dan Hani
Basu dan Hani seorang dosen dan peneliti dalam bidang pemasaran, dalam bukunya yang berjudul "Manajemen Pemasaran. Perilaku Konsumen" mendefinisikan marketing atau pemasaran sebagai proses kegiatan perencanaan dalam pengelolaan barang dan jasa, penetapan banderol harga barang dan jasa tersebut, hingga proses promosi maupun pendistribusiannya, dimana keseluruhan proses pemasaran bertujuan untuk memenuhi kebutuhan maupun memperoleh laba. (Basu dan Hani, 2004)

Pemasaran Menurut Jay Abraham
Jay Abraham merupakan seorang business consulting & strategic marketing expert dalam bukunya yang berjudul "The MasterMind Marketing System", dia mendefinisikan marketing atau pemasaran sebagai sebuah media untuk mencapai kesuksesan dengan cara memberikan pelayanan peling baik kepada konsumen. (Jay Abraham , 2001)

Pemasaran Menurut William J. Stanton
William J. Stanton merupakan seorang dosesn ahli pemasaran asal amerika, dalam bukunya yang berjudul "Prinsip Pemasaran" dia mendefinisikan marketing atau pemasaran sebagai sistem keseluruhan dari berbagai kegiatan bisnis atau usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga barang atau jasa, mempromosikannya, mendistribusikannya, dan bisa memuaskan konsumen. -  (William J. Stanton ,1998)

Pemasaran Menurut John Westwood
John Westwood seorang pendukung sepakbola dan penulis buku terkenal, dalam bukunya yang berjudul " How To Write a Marketing Plan", dia mendefinisikan marketing atau pemasaran sebagai sebuah usaha terpadu yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memberikan keuntungan/ laba kepada perusahaan. (John Westwood, 2001)

Pemasaran Menurut Tung Dasem Waringin
Tung Desem Waringin seorang penulis buku financial terkenal di indonesia, dalam bukunya yang berjudul "Financial Revolution In Action", dia mendefinisikan marketing atau pemasaran adalah media untuk mengkomunikasikan sebuah nilai tambah yang lebih tinggi. - (Tung Desem Waringin ,2008)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATATERI PRODUKSI MASSAL PKK KELAS XII