Menganalisis pemasaran produk 1 - PENGERTIAN PEMASARAN
Menganalisis pemasaran produk
Pemasaran selalu menjadi ujung tombak institusi atau sebuah
badan usaha baik yang berskala besar mauapun yang bersekala kecil untuk
berhasil dalam kegiatan usahanya. Semakin cepat dalam proses pemasaran, maka
usaha yang di lakuakan oleh badan usaha tersebut akan semakin lancar.
Secara umum pengertian pemasaran adalah aktifitas kompleks
dalam usaha untuk menyampaikan informasi produk atau layanan jasa, penawaran
dan negosiasi, penyaluran produk kepada konsumen, yang di lakukan oleh suatu
institusi atau badan usaha secara sistematis dan terencana.
Definisi lain secara sederhana menyatakan bahwa definisi
pemasaran sebagai suatu proses pengenalan produk atau layanan khusus kepada
konsumen yang potensial (dominan terhadap produk yang kita hasilkan).
Dengan konsep yang demikian, maka aktifitas pemasaran dapat dilakukan dengan
lebih efektif dan efisien serta lebih menguntungkan. Terdapat beberapa aspek
yang perlu di perhatikan. Aspek-aspek untuk pemasaran ini meliputi periklanan,
public relation, promosi dan penjualan, dan lain sebagainya.
Pemasaran Menurut Philip Kotler
Kotler merupakan seorang American marketing author, consultant, and professor,
mendefinisikan marketing atau pemasaran sebagai
aktivitas sosial dan sebuah pengaturan yang dilakukan oleh perorangan ataupun
sekelompok orang dengan tujuan untuk mendapatkan tujuan mereka dengan jalan
membuat produk dan menukarkannya dengan besaran nominal tertentu ke pihak lain.
- (Kotler)
Pemasaran Menurut Hair dan Mc. Daniel
Hair dan Mc. Daniel yang merupakan seorang peneliti pemasaran dalam bukunya
yang berjudul "Marketing" mendefinisikan martketing atau pemasaran
sebagai proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga promosi
dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang
memuaskan konsumen dan tercapainya tujuan organisasi. - (Hair dan Mc. Daniel,
2001)
Pemasaran Menurut Basu dan Hani
Basu dan Hani seorang dosen dan peneliti dalam bidang pemasaran, dalam bukunya
yang berjudul "Manajemen Pemasaran. Perilaku Konsumen" mendefinisikan
marketing atau pemasaran sebagai proses kegiatan perencanaan dalam pengelolaan
barang dan jasa, penetapan banderol harga barang dan jasa tersebut, hingga proses
promosi maupun pendistribusiannya, dimana keseluruhan proses pemasaran
bertujuan untuk memenuhi kebutuhan maupun memperoleh laba. (Basu dan Hani,
2004)
Pemasaran Menurut Jay Abraham
Jay Abraham merupakan seorang business consulting & strategic marketing
expert dalam bukunya yang berjudul "The MasterMind Marketing System",
dia mendefinisikan marketing atau pemasaran sebagai sebuah media untuk mencapai
kesuksesan dengan cara memberikan pelayanan peling baik kepada konsumen. (Jay
Abraham , 2001)
Pemasaran Menurut William J. Stanton
William J. Stanton merupakan seorang dosesn ahli pemasaran asal amerika, dalam
bukunya yang berjudul "Prinsip Pemasaran" dia mendefinisikan
marketing atau pemasaran sebagai sistem keseluruhan dari berbagai kegiatan
bisnis atau usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga barang
atau jasa, mempromosikannya, mendistribusikannya, dan bisa memuaskan konsumen.
- (William J. Stanton ,1998)
Pemasaran Menurut John Westwood
John Westwood seorang pendukung sepakbola dan penulis buku terkenal, dalam
bukunya yang berjudul " How To Write a Marketing Plan", dia
mendefinisikan marketing atau pemasaran sebagai sebuah usaha terpadu yang
dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memberikan keuntungan/ laba
kepada perusahaan. (John Westwood, 2001)
Pemasaran Menurut Tung Dasem Waringin
Tung Desem Waringin seorang penulis buku financial terkenal di indonesia, dalam
bukunya yang berjudul "Financial Revolution In Action", dia
mendefinisikan marketing atau pemasaran adalah media untuk mengkomunikasikan
sebuah nilai tambah yang lebih tinggi. - (Tung Desem Waringin ,2008)
Komentar
Posting Komentar